- w e l c o m e -

Selamat datang di blog saya :)

Ayo dikasih makanan nih hamster-nya :D

Kamis, 16 Juni 2011

MISTERI DANAU 3 WARNA


Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.
Danau 3 warna atau Danau Kelimutu terletak di Pulau Ende, Flores, NTT. Danau ini adalah salah satu kekayaan alam Indonesia yg punya history mistik.

Menurut kepercayaan penduduk setempat, warna-warna pada danau Kelimutu memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.
Danau berwarna biru atau "Tiwu Nuwa Muri Koo Fai"   merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau yang berwarna merah atau "Tiwu Ata Polo" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung. Sedangkan danau berwarna putih atau "Tiwu Ata Mbupu" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.
waaa...lumayan serem yaa history-nya :3

katanya danau Kelimutu ini dijaga burung ARWAH

Pesona Kelimutu bukan itu saja. Di kawasan seluas 5.356,5 hektar itu juga mudah ditemukan aneka jenis flora dan satwa liar langka. Burung garugiwa (Pachycephala nudigula) merupakan salah satunya. Burung berkepala warna hitam, sedangkan badan, sayap, hingga ekor berwarna hijau kekuningan ini merupakan spesies endemik di sana yang tidak terdapat di tempat lain.
Saat menuju puncak kawah Danau Kelimutu, sekitar pukul 08.00 Wita, terdengar aneka suara unik burung garugiwa jantan. Semarak kicauan burung yang keras dan nyaring, bersahutan, menghiasi pagi di Danau Kelimutu, bagaikan sambutan selamat datang yang ramah, bahkan turut menghangatkan suasana.
Burung garugiwa biasa berkicau mulai pukul 06.00 hingga 10.00 saja. Kicauan burung ini berbeda-beda sesuai ketinggian. Pada kawasan 1.400 meter di atas permukaan laut, ada sekitar 12 kicauan. Menurut penduduk setempat, pada ketinggian lebih dari 1.400 meter di atas permukaan laut, terdapat burung- burung yang memiliki sekitar 17 kicauan.
”Karena itu, masyarakat di sini ada yang menyebutnya burung arwah. Selain sulit ditangkap, burung itu juga hanya muncul saat tertentu,” kata Muhammad Sendi, pedagang kopi di sekitar tugu pemantauan Danau Kelimutu.


waaaah emang luar biasa banget ya Tuhan sang Pencipta. Tapi sayangnya keindahan dan keunikan Danau Kelimutu belum dipublikasikan secara maksimal. 
Udah seharusnya kita sebagai anak bangsa bangga ama Tanah air tercinta ini! ;D

 

2 komentar:

  1. iy sich,,,yg jdi prmsalahnx tuh pemerintahx yg kurang pduli,,,pdhl kn bsa d jdikn tmpt wisata yg unik n bsa mngundng wisatwn asing maupun domestik untk dtg k ende,,

    BalasHapus
  2. Wah Danau yg sangat Keren...
    Usul2...
    klu bleh Keamanan lbh di No 1 kan yaa...
    Mantap deh Buat danau kelimutu.

    Buat Tety Idolaq, ngomongx biasa kale...
    Ndeso... :D

    BalasHapus